Custom Search

Tuesday, 28 February 2012

lulus sma bingung?????

Assalamu'alaikum...
senang rasanya saya bisa memulai posting ini,haaah....langsung saja.

Teman-teman pasti tahu kalo lulusan SMA memang ditujukan untuk bisa melanjutkan study kejenjang yang lebih tinggi alias kuliah? tapi bagaimana jika kenyataanya lain?

Sebagai lulusan SMA...
tidak memberikan banyak pilihan saat itu bagi saya selain kuliah,tapi apa jadinya saat itu kondisi keuangan orang tua sedang kolep jadi pilihan kuliah seketika hilang. Terus apa jalan keluarnya? pastilah kerja masa mau dirumah aja......kalo mau nyari kuliah gratisan sepertinya kurang bakat,
Jadi berangkatlah saya ke jakarta/merantao ceritanya,dapet kerja di perusahaan astra terkemuka di kawasan kelapa gading jakarta utara ( alhamdulillah saya SMA jurusan IPA, jadi di astra masih masuk) ,dengan gajih luar biasa +- Rp4jt/bln, ngiler ga tu? lulusan SMA, baru lulus pula ,trus dapet kerja super kakap (yang saya tau guru dikampung saya gajinya gak nyampe segitu...maaf ya klo salah).
 Dua tahun kontrak habis karena memang sistim kontrak yang berlaku saat ini ,akan tetapi saya bisa memanfaatkan dengan maksimal, sekarang tabungan +-40jt sudah digengaman ,umur 21th plus punya motor jeri payah sendiri ,hebat kan....? lebih hebat lagi kalo bisa memanfaatkan hasil dari semua itu.Tentunya teman-teman tahu bagaimana caranya...Nah dari pengalaman diatas saya bermaksud membaginya mungkin bisa bermanfaat...berikut pelajaran yang saya dapatkan;

1. Jika teman-teman lulus SMA dan sudah pasti tidak bisa kuliah jangan bingung/streees/panik/dll toh hidup sudah diatur oleh alloh,solusinya kerja pastinya daripada menyusahkan ortu krna jadi hiasan rumah hehehe....

Mungkin kuliah bisa diatur nantinya. Bisa saja 2th kerja trus tabungannya bisa digunakan untuk kuliah atau bisa pilih kerja sambil kuliah dengan mengambil kelas karyawan.kalo saya rencana mau ngambil kelas karyawan do'ain ya!!!(2012)
2. Langkah awal jika teman-teman akan bekerja .Disini saya menjelaskan bekerja sebagai buruh pabrik,karena itu pengalaman saya. Ada beberapa langkah yang saya lakukan saat itu yaitu ;siapkan dana (jika teman-teman berasal dari daerah dan ingin cari kerja di kota,dulu saya habiskan +-1jt untuk hidup 1 bulan mencari kerja + biaya saat trining ,karena waktu trining belum dibayar ,oya...jangan lupa kita kerja bukan dibayar diawal tapi dibayar akhir bulan jadi total biayanya saat cari kerja + 1 bln krja).
Surat-surat untuk persyaratan kerja :
  •  Surat lamaran(                          ), 
  • CV (bisa beli ditoko alat tulis dalam bentuk formulir,kita tinggal ngisi aja ),
  •  SKCK(surat dari kepolisian) wajib, cara membuatnya bisa tanya ke bapak polisi di polsek,
  • Kartu Kuning (dibuat di depnaker kabupaten ,kalo pengalaman saya kartu ini tidak wajib atau ada beberapa perusahaan yang tidak mencantumkanya dalam daftar persyaratan tapi apasalahnya kalo sebagai cadangan terutama kalu yang mau merantau dari pada bolak balik jauh),
  •  ijazah (wajib),
  • SKHUN,
  • Transkrip niali (pengalaman saya di GS (pabrik accu) kalo tidak ada transkrip nilai terutama lulusan SMA bisa pake fotokopian rapor semester 5-6,tapi kalo di AHM (pabrik honda) yang tidak ada transkrip nilai harus buat surat keterangan dari sekolah bahwa tidak ada transkrip niali yang dikeluarkan) ,
  • Akte lahir (beberapa pt. astra memintanya),
  • KTP,
  • Pas Foto(kebanyakan 4x6),
  • Keterangan sehat dari dokter(beberapa pt memintanya),
  • Surat keterangan domisili(beberapa pt memintanya cukup dari rt rw),dan 
  • Amplop jangan lupa.
  • Kemudian yang harus dipersiapkan selanjutnua adalah baju celana hitam(bukan jeans) dan hem putih(lengan panjang atao pendek). 
  • Tambahan bagi yang akan mencari kerja di jabodetabek ada beberapa rumor kalo ktp harus jabodetabek juga, berdasar pengalaman hal itu tidak 100% benar,saya tidak dipersulit dengan hal itu bahkan saya menyarankan bagi yang dari jateng pake ktp jateng saja cos klo di jabodetabek (berdasar pengalaman)ngurusnya mahal...misal untuk bikin skck saja >50ribu ,bandingkan kalo di kampung...!!!!
3.Menentukan tempat kerja.
Disini ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu apakah teman-teman hanya menunda kuliah yaitu 2th/1th kerja dapet uang terus buat daftar kuliah saja, apakah kuliah sambil kerja atau ingin kerja tidak mau kuliah?

kalo pengalaman pribadi saya,dulu belum terpikir akan hal diatas jadi asal masuk dan sekarang muali terasa  ada yang mengganjal.Untuk itu saya mau coba share pendapat saya barangkali bisa jadi bahan pertimbangan (jika tidak sesuai jangan dipakai!).

Pertama jika teman-teman hanya ingin menunda kuliah dengan kata lain cari uang buat daftar kuliah dan seterusnya konsentrasi dengan kuliah maka saran saya cari kerja yang kakap / gaji mantep / manfaatkan waktu buat cari tabungan seperfecto mungkin, Contohnya cari perusahaan otomotif astra group (SMA IPA bisa masuk dan maaf bagi jurusan IPS formalitasnya tidak bisa) yang berperan sebagai suplier part,contoh;Pt.Inti Ganda Perdana ,bisa daftar online di www.igpgroup.astra.co.id/lamaran, Pt.akebono break astra indonesia (kabarnya kakap juga), TMMIN,dll(kalo mau tambahin boleh atau lihat disini) dan misalnya mau cari yang lain juga boleh yang penting banyak lemburanya terus terjamin kesejahteraanya,dan kontraknya 1th oya jangan buru-buru ikut kontrak yayasan atau pakai jasa orang dengan bayar uang trus dijanjiin kerja kecuali kondisi teman-teman memang tidak memungkinkan (ada cacat,dll).

Yang kedua jika ingin kuliah sambil kerja maka carilah perusahaan yang jam terbangnya tidak terlalu padat dalam artian produksiny standar jam berangkat dan jam pulang normal, produksinya nyantai (barang yang diproduksi ringan) kebanyakan yang jam kerjanya normal karena pabrik itu  full 3sift atao memang kuota produksinya tidak tinggi, alternatif lain bisa juga cari kerja non produksi,misal OB,teknisi gedung,dll.

Ketiga jika tidak ingin kuliah,maka langkahnya adalah cari kerja seperti langkah pertama (perusahaan kakap astra group) dan prioritas pada perusahaan astra yang mensyaratkan new release/lulusan baru dan abaikan perusahaan astra yang bisa dimasuki umur 24th.

Contoh pabrik dengan persyaratan newgraduated (lulusan baru): AHM(max 22th),GS,TMMIN,dll .  Biasanya kontrak 2th(1th+1th) legkap disini dan pada saat habis kontrak cari lagi yang diantara pabrik tersebut sampai umur 24th baru cari pabrik astra dengan spesifikasi umur tua contoh Pt.IGP,akebono,ADM,Musashi.dll sehingga jika tidak nyantol jadi karyawan tetap,sekurang-kurangnya ada tabungan buat buka usaha sebagai rencana ''B''. Opsi lain jika mmamang masuk kualifikasi teman-teman bisa mencoba PAMA....
4.bagaimana memulainya.
Ya....setelah persiapkan semuanya mulai dari duwit,surat-surat dan prioritas pabrik
 maka mulai bergerak cari lowongan.

Disini ada beberapa cara yaitu via post,email,via BKK(bursa kerja khusus),yayasan,bayar orang dll.Lihat disini untuk daftar BKK dan konsultan kerja . Dari semuanya kecuali yayasan dan bayar ornag baik tapi yang sangt dianjurkan adalah via bkk dengan alasan cepat ,praktis,mudah dan pilihanya banyak. Biasanya bkk ada di smk-smk (sekolah kejuruan) meski tidak setiap smk ada tapi kebanyakan ada.Lalu mengapa hanya bkk yang saya anjurkan,ada apa dengan yang lain???
Via pos saya anggap untuk urusan dadakan terlalu lama kurang cepat .Pengalaman 2 buln baru dipanggil tes..basi dong,kecuali teman-teman nyantai boleh dicoba.
 Email ,ada beberapa perusahaan yang menggunakan via internet sebagai media rekuitmen dengan alasan kepraktisan ,contoh; Pt.IGP(www.igpgroup.astra.co.id/lamaran),Pt.akebono break astra indonesia(bisa tanya mbah google),dll, akan tetapi kekurangannya tidak banyak pilihan perusahaan.

Yayasan,saya sarankan jika tidak kepepet jangan dulu pake yayasan.
 Lalu yang terakhir bayar orang. Ini menarik..... pengalaman dulu saya sudah menyiapkan uang Rp.1.700.000 untuk seseorang dan dijanjikan pekerjaan, lalu saya menyetujuinya dengan perjanjian uang dibayar ketika sudah kerja . Untungnya dwit gak sempet pindah tangan.....alhamdulillah.

Kebanyakan dari orang-orang itu hanya mencari informasi saja dan setelah dapat maka kita dikasih tau bahwa ada tes dan kita yang tes tanpa ada bantuan, dianya tinggal menunggu duwit dari kita. Samasekali tidak ada jaminan untuk lulus. Dari berbagai cara tersebut via BKK-lah yang menurut saya paling baik. Tambahan lagi banyak pabrik yang mengadakan rekuitmen di daerah-daerah (jawa tengah) jadi bagi yang ada di daerah jawa tengah gausah jauh-jauh ke jabodetabek langsung aja ke -Kebumen (menurut informasi pusat recuitmen ada di Kebumen).

Demikian sebongkah pesan dari pengalaman seorang lulusan SMA  yang tertunda kuliahnya ,jadi jika teman-teman lulusan SMA dan punya nasib yang sama dengan saya bolehlah dipertimbangkan bongkahan ini,dan pastilah itu hanya sekelumit dari banyak diluar sana.Maaf jika ada salah ,sebab saya hanya berbagi pengalaman dan segala saran yang ada sebatas pengetahuan saya, jadi jika ada ketidak sesuaian mohon saling membagi ilmunya txs,wassalamu'alaikum...

No comments:

Post a Comment

About Me

My Photo

I love technology and I study engineering informatics at the university. Always wanted to replace bill , become the richest man in the world

Followers